galeri foto tarbiyah

Sabtu, 28 Mei 2011

sejarah

Jurusan Tarbiyah sekarang merupakan peralihan dari Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang. Fakultas Tarbiyah sendiri awalnya adalah sebuah Fakultas Tarbiyah swasta di Manna, yang dipindahkan ke Kotamadya Bengkulu pada tahun 1982 untuk dibenahi dan dipersiapkan menjadi Fakultas Tarbiyah IAIN. Pada tahun 1984, fakultas ini disetujui menjadi Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang Lokal Jauh Bengkulu dan diresmikan tanggal 15 Agustus 1984 oleh Prof. K.H. Zainal Abidin Fikry Rektor IAIN Raden Fatah Palembang, sekaligus melantik Drs. Badrul Munir Hamidy sebagai Kuasa dekan. Melalui perjuangan yang cukup panjang, Fakultas tarbiyah IAIN Raden Fatah Bengkulu pada tanggal 9 Juli 1994 akhirnya dinegerikan dan diresmikan oleh Dirjend Binbaga Islam Departemen Agama RI. Jabatan Fakultas Tarbiyan dipegang oleh Drs. H. Badrul Munir Hamidy. Bersamaan dengan penetapan fakultas-fakultas cabang (di luar kampus induknya) menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), pada tanggal 30 Juni 1997, Fakultas Tarbiyah berubah nama menjadi Jurusan Tarbiyah, dan menjadi salah satu jurusan yang ada di lingkungan STAIN Bengkulu.
Sejak berdiri menjadi Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fattah Palembang, lembaga ini telah dipimpin oleh empat orang dekan/ketua jurusan yaitu Drs. H. Badrul Munir Hamidy (1984-1997), Drs. Bakhtiar (1997-2001), Drs. Ahmad Djazuli, M.Pd. (2001-2003), Drs. Kemas Badaruddin, M.Ag (2003-2006) dan Drs. Mawardi Lubis, M.Pd (2006-2010) didampingi Musmulsyadi, S.Ag, M.Pd sebagai sekretaris jurusan. Saat ini Jurusan Tarbiyah dipimpin oleh Drs. Rizkan A Rahman, M.Pd dengan sekretaris AL-Fauzan Amin, M.Ag.
Sampai saat ini, Fakultas dan Jurusan Tarbiyah dan telah mengeluarkan alumni sebanyak 1660 orang, yang berkiprah di masyarakat, selain berprofesi sebagai tenaga pendidik, ada juga yang berkiprah sebagai politisi, wiraswastawan, Pegawai Negeri Sipil maupun profesi lainnya..

2 komentar:

  1. Hanya bisa lihat di postingan...alhmdlh tercatat...bangga dgn buya...!!

    BalasHapus
  2. Hanya bisa lihat di postingan...alhmdlh tercatat...bangga dgn buya...!!

    BalasHapus